Pengimplementasian Sumpah Pemuda di Era Modern : Anak Muda Wajib Tahu!

  • Bagikan
Foto: Ilustrasi sumpah pemuda (Getty Images/Agus Supriyatna)

RAKYATSULBAR.COM – Salah satu perjuangan pemuda pada masa itu adalah mejaga persatuan dan kesatuan.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan generasi mudah dalam mengimplementasikan sumpah pemuda di era modern. Berikut di antaranya:

1. Menggunakan Bahasa Indonesia Dalam Keseharian Yang Baik dan Benar

Sumpah Pemuda menjadikan Bahasa Indonesia sebagai pemersatu bangsa. Menurut laman FIB Unair, di era modern, Bahasa Indonesia bukan hanya sebagai alat komunikasi sehari-hari melainkan lambang identitas nasional. Bahasa menjadi sarana untuk menyatukan masyarakat yang beragam budaya dan bahasa daerah.

Namun kini, banyak dijumpai kalangan muda yang lebih suka menggunakan bahasa asing atau bahasa gaul. Jika berlangsung terus menerus, hal ini bisa mengancam keberadaan bahasa Indonesia itu sendiri.

2. Membeli dan Meenggunakan Produk Lokal

Banyak masyarakat yang masih memilih produk luar negeri ketimbang produk buatan anak bangsa. Padahal, kini kualitas dari produk yang dihasilkan anak bangsa tidak kalah dengan produk luar negeri.

Sehingga, menurut laman Pemprov Jogja, perlu ditumbuhkan rasa cinta tanah air dengan cara menggunakan produk-produk yang dibuat oleh anak bangsa. Selain bisa menumbuhkan rasa cinta tanah air, produk buatan anak bangsa juga bisa memberi kontribusi untuk meningkatkan perekonomian di Indonesia.

3. Saling Menghargai dan Menghormati

Momentum sumpah pemuda menyatukan seluruh aspek bangsa, mula dari ras, agama, dan berbagai suku di Indonesia. Untuk menumbuhkan rasa persatuan, dapat dilakukan sikap saling menghormati dan saling menghargai antar sesama. Contohnya yaitu membantu teman dan saudara yang mengalami kesulitan meski suku, ras, dan agamanya berbeda.

4. Menyebarkan Energi Positif

Menyebarkan energi positif memiliki dampak yang cukup besar untuk masyarakat. Masyarakat bisa menunjukkan semangat sumpah pemuda di manapun dan kapanpun.

Pada era digital saat ini, berita hoax semakin mudah menyebar dan pada akhirnya menimbulkan perpecahan dalam masyarakat. Jadi menyebarkan energi positif yang ditebarkan, misalnya lewat pesan atau postingan secara tidak langsung bisa membangun kembali semangat solidaritas dan rasa persatuan di Indonesia.

5. Menjaga Kebersihan Lingkungan Sekitar

Selanjutnya adalah dengan menjaga kebersihan lingkungan, melakukan penghijauan, dan mengelola sampah dengan bijak. Mengutip laman Binus, jika anak muda mampu melakukan ini dengan baik, maka kesehatan masyarakat Indonesia lebih terjamin dan terhindar dari penyakit.

6. Menegakkan Demokrasi

Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang meletakkan kekuasaan tertinggi di tangan rakyat. Generasi muda hendaknya memiliki karakter kuat dalam mengelola tindakan dan keputusannya, terhadap partisipasi dalam kehidupan demokrasi.

7. Mengukir Prestasi

Demokrasi merupakan sistem pemerintahan yang meletakkan kekuasaan tertinggi di tangan rakyat. Generasi muda hendaknya memiliki karakter kuat dalam mengelola tindakan dan keputusannya, terhadap partisipasi dalam kehidupan demokrasi.

  • Bagikan