FK Unair Gelar Olimpiade Kedokteran Berstandar Internasional

  • Bagikan
Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) kembali menggelar ajang olimpiade kedokteran berstandar internasional yakni Medspin 2024.

MAKASSAR, RAKYATSULBAR.COM –– Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Airlangga (Unair) kembali menggelar ajang olimpiade kedokteran berstandar internasional yakni Medspin 2024.

Olimpiade merupakan lomba utama di MEDSPIN dengan menyuguhkan soal Biologi, Fisika, Kimia dan Medis. Olimpiade ini terdiri dari babak Preliminary, Quarter Final, Semifinal, dan Grand Final dan dikemas dengan konsep yang menarik dan berbeda setiap babaknya.

Selain sebagai ajang kompetisi, Olimpiade ini bertujuan memperkenalkan FK Unair serta memberikan tips masuk Unair kepada pelajar dari berbagai daerah termasuk kota Makassar.

Pemenang Lomba Medspin 2024 akan mendapatkan sertifikat bertaraf internasional yang akan memberikan kesempatan bagi para peserta untuk membuka jalannya menuju jalur prestasi.

Medspin 2024 pertama kali digelar di kota Makassar dengan jumlah peserta 52 orang yang hadir dan di gelar di SMA 17 Makassar, Minggu (27/10/24).

Ketua koordinator Medspin Makassar, Kuncup Harapan menjelaskan Medspin adalah acara dari tahun ke tahun yang diadakan FK Unair namun untuk di Makassar sendiri ini adalah pertama kalinya digelar.

Ia juga menjelaskan ada beberapa lomba, lomba olimpiade yang terdapat soal mata pelajaran seperti fisika, kimia, biologi dan juga lomba scientific paper,  dan juga poster publik,Jika peserta lolos dari prelim akan diperbolehkan untuk berkeliling atau masuk ke lab- lab di FK Unair.

“Untuk antusias peserta itu sangat excited mengikuti kegiatan ini terlihat dari sebelum kegiatan dimulai saya sempat mendatangi beberapa sekolah untuk sosialisasi dan guru-guru mereka pun semangat untuk mendaftarkan siswanya,”ujarnya.

Panitia pelaksana, Vani Julivia Kusumo, Menjelaskan untuk hari ini telah diselesaikan lomba Medspin wilayah bagian Makassar dan telah dikerjakan babak preliminary round.

Ia juga menambahkan bahwa ada beberapa tim diskualifikasi karena tidak hadir dalam babak preliminary.

“Panitia pelaksana juga mengadakan sharing and medical skills simulation kepada peserta yang mengikuti Medspin dan semoga melalui kegiatan ini harapannya para peserta mampu mengembangkan hard skills untuk meningkatkan kemampuannya,”ujarnya.

Attaillah Moza Falagy selaku panitia pelaksana juga menambahkan bahwa olimpiade Medspin 2024 ini yang terbesar untuk siswa SMA dengan peserta ribuan, Nantinya untuk tim yang lulus akan diutus untuk ke Surabaya mengikuti finalnya.

“Saya mendampingi SMA Katolik Rajawali dengan membawa lima tim yang terdiri dari 15 Orang, untuk siswa yang ikut itu ada beberapa yang dipilih ada juga yang mengajukan dirinya sendiri, dengan adanya Medspin 2024 di Makassar bisa mendorong anak-anak untuk memiliki mental bertarung yang kuat dan bisa mengasah lagi berprestasi mereka terlebih lagi FK Unair menyediakan golden tiket untuk masuk tanpa tes,”ujar Guru pendamping peserta SMA Rajawali Makassar Yohannes, S.Pd.,Gr.

Peserta Medspin 2024, Kevin Kandiawan mengatakan tesnya cukup sulit terutama dibidang biologi dan medisnya namun saya tetap semangat mengikuti kegiatan ini karena Medspin merupakan olimpiade bergengsi di Indonesia.

“Saya memiliki tim yang solid jadi kami bisa menjawab semua soal-soalnya karena banyak yang ingin masuk ke FK Unair saya mempersiapkan ini sebulan untuk belajar dan mendapatkan golden tiket,”ucapnya.  (*)

  • Bagikan