BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bulukumba Kolaborasi dengan DPC IWAPI Bulukumba

  • Bagikan
BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bulukumba bersinergi dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) Kabupaten Bulukumba

BULUKUMBA, RAKYATSULBAR.COM –– BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bulukumba bersinergi dengan Dewan Pimpinan Cabang (DPC) Ikatan Wanita Pengusaha (IWAPI) Kabupaten Bulukumba.

Hal itu terungkap saat BPJS Ketenagakerjaan melaksanakan Sosialisai bersama dengan Pengurus dan Anggota IWAPI DPC Bulukumba di RM. HDR Bulukumba.

Pada pertemuan itu, Ketua IWAPI Bulukumba yang dalam hal ini diwakili oleh Wakil Ketua Hj. Misbawati A. Wawo didampingi oleh Asisten I Pemda Bulukumba serta jajaran pengurus IWAPI DPC Bulukumba mengajak seluruh anggota IWAPI mengikuti kegiatan sosialisasi tersebut dengan penuh seksama agar potensi dan skill anggota meningkat utamanya dalam kerjasama dengan mitra kerja.

Beliau juga mengapresiasi BPJS Ketenagakerjaan Cabang Bulukumba karena proaktif dalam melakukan penyuluhan dan pembinaan kepada seluruh masyarakat pekerja di Bulukumba.

Pada kesempatan yang sama beliau juga menyampaikan rasa kebanggaannya kepada seluruh pengurus IWAPI Kab. Bulukumba karena telah berprestasi di tingkat Wilayah maupun Pusat.

Terbukti, IWAPI Bulukumba menyabet penghargaan sebagai IWAPI Teladan I se-Provinsi Sulawesi Selatan.  Penghargaan tersebut diumumkan di sela pembukaan Rapat Rapat Kerja (RAKERDA) III DPD Ikatan Wanita Pengusaha Wanita Indonesia (DPD IWAPI) Sulsel yang diselenggarakan di Hotel Horison Ultima Makassar, Sabtu 20 Juli 2024.

 “Capaian ini tak lepas dari kerja keras anggota DPC IWAPI Kabupaten Bulukumba dalam mendorong dan memberikan motivasi kepada perempuan untuk berkarya melalui program-program kerja yang telah kami lakukan dan juga atas kolaborasi seluruh pihak, baik pemerintah Kabupaten Bulukumba maupun stakeholder lainnya,” urai Ketua Pengurus Daerah IKA Unhas Bulukumba ini.

Bukan itu saja, lanjut mantan Penjabat Sekda Bulukumba ini juga menyampaikan bahwa kolaborasi dengan BPJS Ketenagakerjaan sangat penting dan sebagai bentuk kerja nyata kepada masyarakat, karena kehadiran BPJS Ketenagakerjaan ditengah-tengah masyarakat pekerja di Bulukumba sudah banyak terdengar manfaatnya ketika seorang pekerja mengalami risiko sosial seperti kecelakaan kerja dan meninggal dunia.

Pada kesempatan yang berbeda, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Bulukumba, Sahid Wahid, menjelaskan, BPJS Ketenagakerjaan Bulukumba menyambut positif inisiasi IWAPI Bulukumba untuk kerjasama sebagai mitra kerja dalam memberikan perlindungan sosial kepada seluruh Pekerja yang dipekerjakan, karena pegawai atau karyawan yang dimiliki merupakan aset bagi para pengusaha.

Kemudian sahid juga berharap kepada seluruh peserta yang merupakan wanita pengusaha ini, dapat berkolaborasi dalam menambah unit bisnis yang baru berupa menjadi agen BPJS ketenagakerjaan yang bertugas memberi pemahaman dan mendaftarkan pekerja mandiri di Kabupaten Bulukumba.

Kerjasama ini akan menyasar seluruh pekerja mandiri seperti Petani, Guru Les, Pedagang, Nelayan, Sopir dan pekerja mandiri lainnya, tutur Sahid.

“Kami berharap dengan kerjasama ini akan memberikan manfaat berupa edukasi terkait Perlindungan Pekerja dan tentunya benefit bagi seluruh anggota DPC IWAPI Bulukumba untuk dapat menjadi lebih baik lagi dan bisa bekerjasama dengan semua pihak dalam mengembangkan wanita-wanita pengusaha terutama UMKM khususnya di Bulukumba,” tuturnya.

Ditempat yang berbeda, I Nyoman Hary Sujana, sangat mengapresiasi kepedulian IWAPI DPC Bulukumba yang sangat mendukung pelaku umkm ikut menjadi kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan.

Agar pelaku UMKM juga dapat merasakan manfaat terlindungi program BPJS Ketenagakerjaan, dengan begitu mereka dapat bekerja keras bebas cemas. (*)

  • Bagikan