Bahaya Mencampur Kopi dengan Bahan Lain Kombinasi yang Bisa Berakibat Fatal

  • Bagikan
ilustrasi
  1. Suplemen Pembakar Lemak

Beberapa suplemen pembakar lemak mengandung kafein atau zat stimulasi lainnya yang mirip dengan kafein. Mencampurnya dengan kopi bisa meningkatkan risiko efek samping seperti detak jantung yang terlalu cepat, gelisah berlebih, bahkan aritmia jantung. Efek ini berbahaya terutama bagi mereka yang memiliki riwayat masalah jantung.

  1. Gula Berlebihan atau Krimer Buatan

Meskipun mungkin tidak seberbahaya campuran lainnya, penggunaan gula berlebihan atau krimer buatan dapat menambah kalori kosong, memicu kenaikan berat badan, dan meningkatkan risiko diabetes jika dikonsumsi terus-menerus. Gula berlebihan juga memicu lonjakan energi yang diikuti kelelahan mendadak.

  1. Obat Anti Nyeri

Obat anti nyeri seperti aspirin atau ibuprofen bisa berbahaya jika dicampur dengan kopi karena kafein dapat mempercepat penyerapan obat, meningkatkan risiko overdosis dan efek samping seperti iritasi lambung atau pendarahan pada lambung.

Kopi sebenarnya aman dikonsumsi dalam batas wajar, tetapi penting untuk memperhatikan bahan tambahan yang dicampurkan. Sebelum mencoba kombinasi baru, disarankan untuk mencari informasi atau konsultasi dengan ahli kesehatan guna menghindari risiko kesehatan yang berbahaya.

  • Bagikan