Bahaya Mencampur Kopi dengan Bahan Lain Kombinasi yang Bisa Berakibat Fatal

  • Bagikan
ilustrasi

RAKYATSULBAR.COM – Kopi adalah minuman yang banyak dikonsumsi di seluruh dunia untuk meningkatkan energi dan fokus. Namun, tren mencampur kopi dengan bahan-bahan tertentu untuk meningkatkan efeknya atau sekadar menambah cita rasa semakin marak. Sayangnya, beberapa campuran ini bisa berisiko tinggi bagi kesehatan dan bahkan berpotensi mematikan. Berikut adalah beberapa bahan yang berbahaya jika dicampur dengan kopi:

  1. Obat-Obatan Penenang atau Anti-depresan

Mencampur kopi dengan obat-obatan penenang atau anti-depresan dapat menyebabkan ketidakseimbangan dalam sistem saraf pusat. Kopi adalah stimulan, sementara obat-obatan tersebut bekerja menekan sistem saraf, sehingga kombinasi keduanya bisa memicu tekanan darah tak terkontrol, gangguan jantung, bahkan kehilangan kesadaran.

  1. Alkohol

Alkohol dan kopi bekerja secara bertolak belakang: alkohol adalah depresan, sedangkan kopi adalah stimulan. Mencampur keduanya bisa menyebabkan tubuh mengalami dehidrasi berat. Selain itu, kopi dapat menutupi efek mabuk sementara, membuat orang merasa lebih sadar, namun ini berisiko karena mereka cenderung tidak menyadari tingkat keracunan dalam tubuh.

  1. Minuman Energi

Minuman energi dan kopi sama-sama mengandung kafein dalam dosis tinggi. Mencampur keduanya dapat menyebabkan overdosis kafein, yang berdampak pada detak jantung yang tidak normal, tekanan darah tinggi, gelisah, dan dalam beberapa kasus, menyebabkan kejang atau serangan jantung.

  • Bagikan