Arti “Kode Referral dan Jenisnya

  • Bagikan
(Freepik)

RAKYATSULBAR.COM – Dilansir dari Refferalrock, kode referral adalah kombinasi karakter unik antara angka dan huruf, yang diberikan kepada calon customer dalam program marketing. Secara umum, kode referal digunakan untuk mempromosikan produk yang dimiliki oleh suatu perusahaan. Sebagai contoh, saat pengguna aplikasi memasukkan kode referral tertentu, akan memperoleh keuntungan yang sudah ditetapkan oleh pihak penyedia aplikasi.

Secara umum, kode referral menjadi teknik marketing yang bisa memberikan keuntungan kepada pelanggan saat berhasil memenuhi syarat yang telah ditentukan. Yakni, meminta orang lain memasukkan kode referral saat yang menjadi pelanggan baru.

Dikutip dari laman resmi Gramedia, ada beberapa jenis kode referral yang dipakai untuk mempromosikan suatu brand sebagai berikut:

Jenis Kode Referral

  • Dirrect Referral

Direct referral adalah proses untuk mendaftar pada website tertentu dengan memakai link referral yang telah diberikan kepada orang lain.

Dalam pengelolaannya, kode referral jenis ini tidak membutuhkan biaya karena sistem bisa bekerja secara otomatis.

Lebih lanjut, beberapa keuntungan menggunakan direct referal antara lain:

  1. Pengguna referral dapat menghapus link referralnya jika sudah tidak lagi memberikan insentif atau pemasukan
  2. Sistem otomatis yang dimiliki oleh direct referral membuatnya pemiliknya tidak perlu repot. Apabila referral didiamkan, akan tetap bisa mendapatkan insentif.
  • Rented Refferal

Rented referral atau referral sewa adalah kode referral yang diperuntukkan untuk orang yang akan mendaftar menjadi member.

Pemilik situs PTC akan menyewakan referral kepada member yang akan menyewa dengan bayaran tertentu. Meski begitu, pengguna rented referral sebaiknya berhati-hati karena berbayar.

Kode referral jenis ini diibaratkan seperti karyawan yang dibayar untuk menghasilkan uang agar menjadi member referral. Untuk itu, gunakan dan kelola rented referral dengan baik agar mendapatkan keuntungan yang maksimal.

  • Bagikan