Unhas – Politeknik Negeri Fakfak Gelar Konferensi Internasional Tentang Inovasi Terapan untuk Pengelolaan SDA

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULBAR.COM –– Universitas Hasanuddin kerjasama Politeknik Negeri Fakfak menyelenggarakan konferensi internasional bertajuk “The 1st International Conference on Engineering and Applied Technological Innovation (ICEATI)”.

Kegiatan dengan tema “Applied Research and Innovation for Natural Resources Exploration” tersebut berlangsung pukul 08.30 Wita di SwissBell Hotel Sorong, Papua Barat Daya, dan terhubung secara virtual melalui aplikasi zoom meeting, Rabu (23/10/24).

Rektor Unhas Prof. Dr. Ir. Jamaluddin Jompa, dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas kerja sama yang baik antara Unhas bersama Politeknik Negeri Fakfak.

Prof JJ menuturkan pembangunan berkelanjutan merupakan komitmen global dan untuk mencapainya, diperlukan inovasi teknologi yang ramah lingkungan, yang mampu meminimalkan dampak negatif terhadap alam sekaligus mendorong efisiensi dan produktivitas.

Tantangan ini tidak hanya bersifat teknis, tetapi juga kompleks karena mencakup berbagai aspek mulai dari pengelolaan sumber daya alam, energi terbarukan, hingga penanganan perubahan iklim.

Oleh karena itu, inovasi di masa depan harus mengutamakan pendekatan yang holistik, dimana teknologi tidak hanya berperan dalam pembangunan, tetapi juga dalam menjaga keseimbangan ekosistem.

Prof JJ menambahkan untuk menjawab tantangan tersebut, diperlukan kolaborasi interdisipliner yang kuat. Teknologi yang benar-benar bermanfaat sebagai solusi bagi masalah global memerlukan perpaduan berbagai bidang ilmu, agar dapat menghasilkan inovasi yang efektif dan berkelanjutan.

“Inovasi teknologi ke depan sangat membutuhkan interdisipliner, pendekatan lintas disiplin memastikan solusi yang dikembangkan mampu menjawab masalah dari berbagai sudut pandang dan bersifat jangka panjang. Dengan demikian, diharapkan mampu menghadirkan teknologi ramah lingkungan yang dapat mendukung pembangunan berkelanjutan secara menyeluruh,” jelas Prof JJ.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Politeknik Negeri Fakfak Ir. Muh. Subhan, dalam sambutannya menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi atas kolaborasi yang dibangun bersama Unhas terutama Fakultas Teknik.

Dirinya mengatakan, kegiatan ini akan menjadi media untuk mendiskusikan bersama langkah langkah strategis dalam mendorong inovasi berkelanjutan. Sekaligus mendengarkan ide dan gagasan dari para peserta yang hadir.

“Terima kasih kepada para pembicara yang terlibat dalam konferensi ini, kami senang bisa menyelenggarakan konferensi internasional ICEATI 2024 yang pertama, dan berharap kegiatan ini bisa berlanjut pada tahun berikutnya,” jelas Subhan.

Setelah sambutan, kemudian dilanjutkan dengan paparan materi dari para narasumber. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung lancar. Dijadwalkan akan selesai hingga Kamis (24/10) besok. Para peserta nantinya akan mempresentasikan ide dan gagasannya terkait tema yang sebelumnya telah ditentukan. (yad)

  • Bagikan