Tips Agar Tidak Cedera Ikut Kelas Pound

  • Bagikan
Dok. Optionimage

RAKYATSULBAR.COM – Olahraga Pound saat ini menjadi tren bagi sebagian orang, khususnya di kalangan perempuan. Respon tubuh setelah mengikuti olahraga Pound untuk pertama kali bagi posses (sebutan peserta kelas Pound) pasti akan berbeda.

Menurut Pound Tour Crew (PTC) Brand Ambassador Abi Ririen, ada beberapa saran yang harus diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan Pound.

1. Stretching atau Pemanasan

Memang dalam olahraga Pound tidak ada stretching bareng-bareng. Namun, apabila instruktur selalu mengedepankan keselamatan, pasti akan melakukan stretching bersama di awal sebelum sesi Pound dimulai.

2. Selingi dengan Olahraga Lain

Ada beberapa orang yang amat menggemari Pound. Biasanya mereka melakukan Pound lebih dari 3 sampai 4 kali dalam satu pekan. Jadi, imbangi dengan olahraga lain yang berjenis low impact.

“Pound ini kan gerakannya juga merupakan HIIT (High-Intensity Interval Training), jadi harus diimbangi dengan yang low impact seperti yoga, pilates, dan lainnya,” jelas Abi.

3. Melatih Otot Lain Selain Bagian Yang Dilatih Pound

Abi menjelaskan, respon tubuh setelah berolahraga Pound memang beragam. Namun, posses tidak perlu khawatir; justru harus bergerak lagi agar otot terbiasa.

“Ibaratnya, otot kita tidak pernah tersentuh dengan olahraga. Karena ikut Pound, semuanya jadi bekerja karena ada gerakan lunges, squat, dan lain-lain. Ini melatih otot paha dalam, paha luar, dan glutes. Wajar kalau merasa seperti DOMS (Delayed Onset Muscle Soreness) atau sakit di area otot, karena Pound adalah olahraga total body workout,” tandas dia.

  • Bagikan