Hal Wajib Yang Harus Disiapkan Sebelum Kuliah

  • Bagikan
Ilustrasi mahasiswa (Pictagram)

RAKYATSULBAR.COM – Kebutuhan akan pendidikan di zaman modern ini tentu semakin meningkat. Lihat saja, saat ini banyak pelajar lulusan SMA yang meneruskan pendidikan ke jenjang kuliah daripada bekerja.

Mempersiapkan Mental

Mental menjadi hal penting yang harus dipersiapkan seseorang sebelum memutuskan melanjutkan kuliah. Sebab, pembelajaran di kampus tentu sangat berbeda dengan di sekolah. Di kampus, Anda dianggap sebagai orang dewasa yang sudah bisa menentukan tujuan hidup secara mandiri. Hal itulah yang membuat beberapa mahasiswa akhirnya terlambat lulus. Anda tentu tidak mau terlambat lulus dan membuang banyak biaya untuk kuliah bukan?

Memilih Kampus dan Jurusan Sesuai Yang Diminati

Setelah mempersiapkan mental, saatnya menentukan kampus dan jurusan yang tepat. Jangan sampai Anda kuliah hanya secara terpaksa gara-gara tak diterima di jurusan yang diinginkan. Sebab, ilmu yang dipelajari di bangku kuliah tentu sangat penting bagi karier Anda di masa depan.

Mempersiapkan Biaya

Terakhir adalah mempersiapkan biaya. Anda harus menghitung biaya yang dikeluarkan untuk mendaftar di kampus impian. Bukan rahasia umum lagi jika biaya kuliah tiap tahun selalu meningkat. Tak jarang Anda harus mengeluarkan biaya sampai puluhan juta demi menjadi mahasiswa di kampus favorit.

  • Bagikan