Gratis! Pameran Foto Presiden RI di Benteng Rotterdam Makassar

  • Bagikan
Guruh Soekarno Putra Melakukan Tur Pameran Pakkamase dari Museum Kepresidenan RI Balai Kirti di Benteng Rotterdam, Makassar, Sulawesi Selatan, Jumat (18/10/2024).(Sumber: Indonesian Heritage Agency)

RAKYATSULBAR.COM – Museum Kepresidenan RI Balai Kirti melakukan agenda Museum Keliling ke Benteng Rotterdam di Kota Makassar, Sulawesi Selatan, sampai Kamis (31/10/2024). Agenda gratis untuk umum ini bertema “Pakkamase”.

“Pakkamase” memperkenalkan cerita dan sisi humanis dari para Presiden Republik Indonesia. Acara yang diadakan pun beragam, antara lain pameran, Wicara Publik, Lokakarya, Susur Kota dan tur museum, pemutaran film, serta kegiatan seni dan budaya.

“Kami ingin koleksi dari Unit Museum Kepresidenan RI Balai Kirti tentang sejarah tokoh bangsa khususnya para pemimpin Indonesia dapat sampai ke berbagai penjuru Indonesia, melalui informasi di media sosial, maupun program museum keliling seperti ini yang membawa langsung koleksi ke berbagai daerah di Indonesia,” tutur Penanggung Jawab Unit Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Linda Siagian lewat keterangan resmi, dikutip Selasa (22/10/2024).

Ia pun berharap agenda Museum Keliling terus berjalan sehingga bisa membawa dan memperkenalkan koleksi museum ke berbagai kota, sekaligus bisa dinikmati masyarakat luas.

Ada pameran arsip foto Presiden Republik Indonesia

Pameran temporer “Pakkamase” jadi salah satu acara unggulan. Isinya memorabilia, arsip foto, serta benda-benda yang menggambarkan kecintaan para Presiden RI terhadap keluarga dan rakyat. Tidak hanya itu, ada juga Wicara Publik tentang peran keluarga dalam memotivasi para pemimpin bangsa, serta bagaimana Presiden berinteraksi dengan rakyatnya.

Tur Pameran Pakkamase Museum Kepresidenan RI di Benteng Rotterdam, Makassar, pada Jumat (18/10/2024) (Sumber: Indonesian Heritage Agency)

Selanjutnya ada Lokakarya mengenai beragam topik, antara lainĀ crafting, penulisan, dan pembuatan konten video. Diharapkan acara ini dapat menumbuhkan kreativitas generasi muda, sekaligus jadi sarana belajar. Acara lainnya yang tak boleh dilewatkan adalah Susur Kota berupa tur ke lokasi-lokasi penting di Makassar yang berkaitan dengan perjuangan bangsa.

Peserta bisa menapak tilas Presiden Sukarno dan Presiden Soeharto dalam usaha pembebasan Irian Barat di Monumen Mandala, kemudian ke Jalan Cendrawasih yang punya sejarah terkait Presiden Soekarno, lalu berakhir di Benteng Rotterdam. Jika suka seni dan budaya, ada Panggung Senja dan Panggung Malam yang menyajikan seni tradisional dan modern dari komunitas setempat, serta penayangan film.

Sebagai informasi, Museum Keliling dari Museum Kepresidenan RI Balai Kirti sudah pernah dilaksanakan sejak September 2024 lalu di Kota Bogor, Jawa Barat. Kota Makassar pun dipilih karena menjadi tempat kelahiran tokoh nasional bangsa, antara lainĀ Presiden B.J. Habibie dan Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Plt. Kepala Indonesian Heritage Agency (IHA), Ahmad Mahendra mengatakan, Museum Keliling yang diadakan di Benteng Rotterdam sejalan dengan semangat reimajinasi dan reprogramming museum yang diusung oleh IHA.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat mengkolaborasikan bagaimana koleksi sejarah di museum dengan nilai historis dari cagar budaya dan mendorong adanya daya tarik bagi masyarakat untuk hadir dalam kegiatan ini,” ucap Ahmad.

  • Bagikan