Do’s dan Don’ts Saat Mempersiapkan Daftar Beasiswa

  • Bagikan
Ilustrasi

RAKYATSULBAR.COM – Buat kamu pejuang beasiswa, berikut ini do’s dan don’ts persiapan beasiswa agar peluang lolos seleksi lebih besar dilansir dari akun Instagram @schoters.

#DO’S

1. Memiliki Tujuan Yaang Jelas

Persiapan beasiswa dimulai dengan menentukan tujuan jelas dan terarah. Tujuan ini harus selaras dengan visi pemberi beasiswa dan mencerminkan rencana jangka panjang, seperti karier yang ingin dicapai.

2. Melakukan Riset dan Membuat Jadwal Persiapan

Melakukan riset menyeluruh tentang negara tujuan, jurusan, dan beasiswa yang ingin diajukan sangat penting. Pastikan pilihan tersebut sesuai dengan minat, kemampuan, dan tujuan jangka panjang. Selain itu, cari tahu informasi tentang biaya hidup, kondisi ekonomi, dan akomodasi di negara tujuan. Buatlah timeline persiapan untuk membantu mencapai target dan memaksimalkan waktu.

3. Menyicil Dokumen dan Memperhatikan Ketentuan

Beberapa dokumen beasiswa, seperti transkrip nilai, surat rekomendasi, Letter of Acceptance (LoA), dan sertifikasi IELTS/TOEFL, membutuhkan waktu lama untuk disiapkan. Pastikan semua dokumen sudah selesai sebelum pembukaan pendaftaran beasiswa.

4. Memperhatikan Ketentuan Tes Bahasa

Setiap kampus dan beasiswa memiliki syarat skor IELTS/TOEFL yang berbeda. Pelajari dengan cermat dan persiapkan diri dengan belajar intensif selama ±3-6 bulan.  

5. Menyusun Esai dengan Relevan

Esai merupakan bagian penting dalam persiapan beasiswa. Tulislah esai dengan jujur dan relevan dengan tujuan dan rencana masa depan. Esai yang jujur dan berkualitas akan membantu membangun fondasi yang kuat untuk masa depan akademis.

6. Memperhatikan Tenggat Waktu Pendaftaran

Memperhatikan tenggat waktu pendaftaran membantu mengurangi stres dan menciptakan proses yang lebih teratur. Dengan waktu yang cukup, calon penerima beasiswa dapat mempersiapkan dokumen dengan baik dan menghasilkan hasil yang berkualitas.

7. Membutuhkan Mental yang Kuat dan Memperhatikan Kesalahan Sebelumnya

Persiapan beasiswa membutuhkan mental yang kuat untuk menghadapi tekanan dan kemungkinan penolakan. Setiap kesalahan yang dibuat merupakan kesempatan untuk belajar dan meningkatkan diri. 

#DONT’S

1. Ketidakjelasan Tujuan

Ketidakjelasan tujuan dapat menimbulkan kesulitan dalam proses persiapan beasiswa. Sebagian besar dokumen pendaftaran, seperti esai dan wawancara, memerlukan penjelasan tentang tujuan calon penerima beasiswa.

2. Melakukan Pendaftaran Secara Mendadak

Proses persiapan beasiswa tidak bisa dilakukan secara mendadak. Banyak dokumen yang dibutuhkan dan website beasiswa bisa down pada tanggal-tanggal krusial.

3. Menunda Persiapan dan Tidak Peduli

Menunda persiapan dan kurang aware terhadap dokumen persyaratan dapat mengakibatkan aplikasi beasiswa kurang menarik di mata penyeleksi. Pastikan tidak ada satu pun dokumen yang tertinggal.

4. Meremahkan Syarat Skor Tes Bahasa

Meremehkan syarat skor IELTS/TOEFL dapat menjadi kesalahan fatal. Setiap kampus atau program beasiswa memiliki standar skor yang berbeda.  

5. Melakukan Plagiarisme dalam Menyusun Esai

Plagiarisme adalah tindakan serius yang dapat berakibat penolakan aplikasi beasiswa. Selain itu, plagiarisme menunjukkan kurangnya integritas dan dapat menghambat pengembangan diri.

6. Mengabaikan Tenggat Waktu Pendaftaran

Mengabaikan tenggat waktu pendaftaran dapat berdampak buruk pada kesehatan mental dan kemampuan fokus. Terburu-buru dapat menurunkan kualitas aplikasi dan berdampak pada reputasi dan peluang di masa depan.

7. Tidak Belajar dari Kesalahan

Tidak belajar dari kesalahan sebelumnya akan menyia-nyiakan kesempatan untuk meningkatkan diri. Terus melakukan kesalahan yang sama dapat merusak rasa percaya diri.

  • Bagikan