Membangun Tulang Kuat Serta Strategi Pencegahan Osteoporosis dari Usia Muda

  • Bagikan
ilustrasi

Oleh karena itu, penting untuk memastikan bahwa massa tulang sebelum usia 30 tahun berada dalam kondisi optimal. Kecukupan kalsium, yang berkisar antara 700-1.000 miligram per hari, harus diperhatikan sejak masa kanak-kanak, remaja, hingga dewasa. “Dengan mencukupi kebutuhan kalsium, massa tulang akan terjaga, sehingga ketika hormon mulai menurun seiring bertambahnya usia, penipisan tulang dapat ditoleransi,” ujarnya.

Bagi mereka yang berusia 30 tahun ke atas, Annta menyarankan agar mengambil langkah-langkah untuk memperlambat resorpsi kalsium yang dipengaruhi oleh penurunan hormonal. “Pastikan kecukupan kalsium dan vitamin D, karena keduanya berperan penting dalam penyerapan kalsium dan proses kesehatan tulang,” tambahnya.

Sumber kalsium dapat diperoleh dari makanan seperti susu, ikan, keju, dan sayuran hijau seperti bayam, yang sebaiknya dikonsumsi setiap hari. Sementara itu, vitamin D dapat diperoleh dari makanan dan paparan sinar matahari. “Berjemur secara rutin dan mengonsumsi minyak ikan adalah cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin D,” tutup Annta.

  • Bagikan