Inilah Sosok Menteri Pendidikan Kabinet Merah Putih

  • Bagikan
Presiden Prabowo Subianto menyampaikan pidato pertamanya pada Sidang Paripurna Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2024-2029 di Gedung MPR/DPR RI, Minggu (20/10/2024).(Tim Dokumentasi Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden 2024-2029)

RAKYATSULBAR.COM – Presiden Prabowo Subianto telah menunjuk menteri bidang pendidikan baru untuk menggantikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim yang masa jabatannya telah usai. Prabowo menunjuk tiga menteri untuk menggantikan posisi Nadiem Makarim yakni Prof. Abdul Mu’ti sebagai Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah. Kemudian Prof. Satryo Soemantri Brodjonegoro sebagai Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi serta Fadli Zon sebagai Menteri Kebudayaan. “Prof. Dr. Abdul Mu’ti Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah, Prof. Dr. Satryo Soemantri Brodjonegoro Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi, Fadli Zon Menteri Kebudayaan,” kata Prabowo dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (20/10/2024).

Para menteri juga didampingi oleh masing-masing wakil menteri antara lain, Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah Atip Latipulhayat yang merupakan Guru Besar Hukum Internasional Unpad (Universitas Padjadjaran). Prabowo juga menunjuk Fajar Riza Ulhaq sebagai Wakil Menteri Pendidikan Dasar dan Menengah. Fajar pernah menjadi Staf Khusus Menteri Pendidikan dan Kebudayaan era Muhadjir Effendy dan Staf Khusus Menteri Sekretaris Negara era Pratikno. Mantan Danjen Kopassus itu, juga menunjuk dua Wakil Menteri Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi yakni Prof. Fauzan yang merupakan mantan rektor Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dan Prof. Stella Christie yang merupakan Guru Besar Tsinghua University China. Sementara untuk posisi Wakil Menteri Kebudayaan, Prabowo menunjuk Anggota Dewan Pembina Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Giring Ganesha.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum (Waketum) Partai Gerindra Sugiono mengatakan, Presiden Prabowo Subianto akan melantik jajaran kabinetnya pada 21 Oktober 2024. Menurut Sugiono, para menteri kabinet akan dilantik pada pagi hari, sedangkan wakil menteri dan kepala badan dilantik sore harinya. “Rencananya keesokan harinya tanggal 21 rencananya seperti itu,” kata Sugiono di Gedung MPR/DPR, Jakarta, Kamis (17/10/2024). Setelah dilantik, para menteri dan wakil menteri akan melakukan serah terima jabatan dengan Mendikbud Ristek Nadiem Makarim.

  • Bagikan