Keindahan Pulau Bunaken, Kaya Akan Biota Laut yang Luas

  • Bagikan
Taman laut Bunaken (Sumber: Shutterstock/fenkieandreas)

RAKYATSULBAR.COM – Bagi kalian pecinta laut, kalian bisa berpetualang di Pulau Bunaken yang terletak di Teluk Manado, Sulawesi Utara. Disana mereka menawarkan panorama laut dan keindahan alam bawah laut. Dengan luas sekitar 8,08 kilometer persegi, pulau ini menjadi bagian dari Taman Nasional Bunaken, yang juga meliputi Pulau Manado Tua, Siladen, dan Mantehage.

Kekayaan Biota Pulau Bunaken

Dilansir dari laman Indonesia.Travel, Bunaken dikenal sebagai salah satu destinasi terbaik bagi para pencinta alam dan penyelam yang ingin mengeksplorasi kekayaan biota lautnya.

Taman Laut Bunaken menghadirkan pengalaman dengan air lautnya yang begitu jernih yang memungkinkan wisatawan untuk melihat dengan jelas berbagai jenis biota laut yang hidup di dalamnya.

Ada sekitar 13 jenis terumbu karang yang menghiasi dasar laut, dengan tebing-tebing karang yang menjulang curam hingga kedalaman 50 meter.

Ragam kehidupan laut semakin kaya dengan keberadaan 91 spesies ikan, termasuk Ikan Kuda Gusimi, White Oci, Lolosi Ekor Kuning, dan Goropa, yang akan menemani kamu dalam petualangan menyelam.

Bagi kamu yang menyukai aktivitas menyelam, Bunaken adalah tempat yang sempurna.

Dengan sekitar 20 titik penyelaman, kamu bisa menjelajahi keindahan bawah lautnya yang penuh warna.

Tembok Lekuan 1, 2, dan 3, yang terkenal sebagai salah satu spot terbaik, menawarkan pemandangan karang dengan celah-celah karang dalam dan dihiasi biota laut seperti ikan kakatua dan ikan Napoleon.

Cara menuju ke Pulau Bunaken

Akses menuju Pulau Bunaken pun cukup mudah. Dari pelabuhan di Manado, kamu bisa menaiki perahu motor dan mencapai pulau ini dalam waktu sekitar 40 menit.

Setiap harinya, ada kapal feri yang berangkat sekitar pukul 14:00 WITA dari Manado, sementara untuk perjalanan kembali ke Manado, kapal biasanya berangkat pagi hari.

Jika kamu ingin perjalanan lebih privat, tersedia juga kapal sewaan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan wisata.

  • Bagikan