Festival Diwali, Festival Penuh Cahaya Dari India

  • Bagikan
Ilustrasi Festival Dewali di Kota Ayodhya Pada Tahun 2021 (Sumber: GettyImages)

RAKYATSULBAR.COM – Jika anak kalian suka menonton kartun Upin dan Ipin atau anda pernah menonton film-film Bollywood, anda pasti memiliki gambaran tentang Diwali, atau biasa disebut Deepavali, yang berarti “Jajaran Cahaya” dari Sanskrit Hindu.

Diwali adalah salah satu festival terbesar di India, dan biasanya diselenggarakan di berbagai tempat, seperti Nepal, Malaysia, Fiji, dan di beberapa negara yang memiliki kultur Hindu-Asia yang besar. Setiap rumah, tempat berbisnis dan area publik dicahayai dengan Diyas atau lampu minyak yang terbuat dari tanah liat, dan koleksi petasan yang sangat banyak. Selain itu, keluarga serta teman datang ke rumah – seperti hari raya idul fitri yang kita biasa jumpai – dan makan bersama keluarga kita, serta berbagi hadiah antara satu sama lain.

Apa Arti Dari “Diwali”?

Seperti yang dijelaskan dari awal, Dewali berarti “Jajaran Cahaya”, yang dimana perayaan ini menandai kemenangan cahaya atas kegelapan, kebaikan atas kejahatan. Meskipun tradisi Diwali berbeda-beda menurut wilayah dan agama, mitos dan cerita sejarah di balik perayaan ini memiliki tema keadilan dan pembebasan.

Kapan Diwali Ini Diselenggarakan?

Diwali diselenggarakan secara serentak pada Kamis (31/10/2024), atau setiap tanggal 31 Oktober. Jadi bagi kalian yang ingin menghabiskan waktu liburan di India, gak perlu khawatir tentang kegiatan apa saja yang mau dilakukan.

Selain itu, Diwali ini diselenggarakan selama 5 hari, yang dimana pada hari ketiga festival puncak Dewali ini diselenggarakan. adapun arti dari 5 hari ini, yaitu :

  • Dhanteras yang dimana masyarakat membeli perhiasan emas dan perak, peralatan makan dan barang rumah tangga untuk mendapat keberuntungan. Selain itu, ada juga yang tidak membeli perhiasan, melainkan mereka membersihkan rumah untuk mengundang berkah sang dewi rejeki dan kemamkmura, Lakshmi, serta dewa-dewa lain.
  • Choti Diwali, atau Naraka Chaturdashi yang dimana hari itu menandai kekalahan Dewa Krishna atas raja iblis Narakasura. Orang-orang bangun lebih awal untuk mandi dan mencuci rambut mereka. Mereka juga membersihkan rumah mereka, menghiasnya dengan rangolis dan diyas serta menyiapkan manisan.
  • Diwali, atau Lakshmi Puja, yang dimana hari ini adalah hari yang biasanya dianggap sebagai Diwali. Keluarga-keluarga berkumpul untuk bertukar hadiah, berpesta dengan hidangan lezat dan menikmati makanan manis. Banyak umat Hindu yang menyembah Dewi Lakshmi pada hari ini.
  • Padwa, atau Govardhan Puja digunakan untuk menghormati hubungan antara suami dan istri, dan para suami biasanya akan membeli hadiah untuk pasangan mereka. Dalam beberapa tradisi, perayaan ini memperingati hari dimana Dewa Krishna mengangkat Bukit Govardhan untuk melindungi para penduduk desa Vrindavan dari hujan yang disebabkan oleh kemarahan Dewa Indra. Beberapa penyembah mempersembahkan segunung makanan kepada Krishna untuk mengenangnya, sementara yang lainnya membuat patung-patung dari tanah liat dan kotoran sapi untuk mengenang peristiwa tersebut.
  • Bhai Dooj dimana hari ini digunakan untuk merayakan cinta antara saudara kandung, untuk menghormati ikatan antara Dewa Yama dan saudara perempuannya, Yami (atau Yamuna). Para saudara perempuan terkadang akan menempatkan sebuah tilak, atau tanda merah, di dahi saudara laki-laki mereka, sementara saudara laki-laki akan memberikan hadiah kepada saudara perempuan mereka.

Inilah gambaran singkat dari festival cahaya India yang sangat megah, yaitu festival Diwali, atau Deepavali. Semoga bagi kalian yang ingin liburan di luar negeri, kalian bisa memilih India sebagai destinasi wisata kalian saat ini, atau di tahun kedepannya.

  • Bagikan