Unibos & Poltekbos Cetak 1.015 Lulusan Baru: Alumni Ditantang Hadapi Tantangan Industri 5.0

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULBAR.COM — Universitas Bosowa (Unibos) dan Politeknik Bosowa (Poltekbos) kembali mencetak 1.015 lulusan baru. Prosesi wisuda dilangsungkan di Balai Sidang 45, Selasa (15/10/24).

Pengukuhan kukuhkan wisudawan/wisudawati Program Vokasi, Sarjana, Profesi dan Pascasarjana ke-66 Universitas Bosowa dan ke-9 Politeknik Bosowa.

Untuk periode II Tahun Akademik 2023/2024, jumlah wisudawan mencapai 1.015 mahasiswa, dimana sebanyak 1.002 untuk Wisudawan Unibos dan 13 Wisudawan Politeknik Bosowa.

Rektor Unibos Makassar, Prof. Batara Surya mengatakan agar kiranya para alumni Unibos dapat untuk merespon dengan baik dalam
menghadapi perubahan global yang ditandai dengan kemajuan teknologi yang pesat.

Ia menekankan pentingnya kemampuan ilmiah yang didukung teknologi bagi alumni agar dapat bersaing dan diterima di dunia industri.

“Kalau dia punya kemampuan ilmu pengetahuan yang didukung dengan teknologi berarti keyakinan kita dia akan mampu bersaing dan berkarir dengan baik ke depan.”paparnya, Selasa (15/10/24).

Prof. Batara menjelaskan bahwa pendidikan vokasi melalui politeknik dan pendidikan akademik di universitas saling melengkapi dalam mencetak lulusan yang berkualitas.

“Dengan sistem pendidikan yang terintegrasi, diharapkan lulusan dapat siap menghadapi tantangan global dan berkontribusi secara signifikan di dunia kerja,” jelasnya.

Prof Batara kemudian menjabarkan ketiga unsur tersebut secara mendalam. Pertama, adaptasi, yang memerlukan prinsip keterbukaan terhadap perubahan dan kemampuan berkomunikasi dengan baik.

Kedua, integritas dalam dunia kerja, yang ditunjukkan melalui tanggung jawab dalam pekerjaan dan kemampuan untuk menjauhkan diri dari kepentingan pribadi.

“Ketiga, sikap rendah hati atau humble, yang mencerminkan kesadaran diri yang besar dan keterbukaan terhadap lingkungan sosial di dunia kerja,” tambahnya.

Berikut rincian jumlah wisudawan Per fakultas sebagai berikut:

Jumlah Wisudawan Periode II TA 2023/2024

  1. Pascasarjana Sebanyak 214 Mahasiswa
  2. Fakultas Teknik Sebanyak 236 Mahasiswa
  3. Fakultas Kedokteran Sebanyak 36 Mahasiswa
  4. Fakultas Psikologi Sebanyak 74 Mahasiswa
  5. Fakultas Hukum Sebanyak 66 Mahasiswa
  6. Fakultas Ilmu Pendidikan dan Sastra Sebanyak 66 Mahasiswa
  7. Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Sebanyak 49 Mahasiswa
  8. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Sebanyak 163 Mahasiswa
  9. Fakultas Pertanian Sebanyak 98 Mahasiswa

(*)

  • Bagikan