Dosen Keperawatan Poltekkes Mamuju bersama Mitra Puskesmas Bambu Kukuhkan Tim Kader “MAPIA” (Mahir Pijat Bayi)

  • Bagikan

MAMUJU, RAKYATSULBAR.COM — Peran aktif kader dalam pelayanan kesehatan khususnya di wilayah kerja Puskesmas tentu sangatlah penting untuk meningkatkan kualitas dan status kesehatan masyarakat termasuk pelayanan kesehatan ibu, bayi dan anak. Keaktifan kader dalam pelayanan kesehatan seperti di posyandu sangat berpengaruh terhadap pengetahuan kader itu sendiri.

Untuk mengoptimalkan peran Kader khususnya di Wilayah Kerja Puskesmas Bambu Kabupaten Mamuju, Dosen Keperawatan Poltekkes Kemenkes Mamuju dalam rangkaian Kegiatan Pengabdian Masyarakat bekerjasama dengan Mitra Puskesmas Bambu Kabupaten Mamuju melaksanakan Pengukuhan Tim Kelompok Kader Mahir Pijat Bayi (MAPIA).

Acara Pengukuhan ini dilaksanakan pada hari Selasa / 01 Oktober 2024 bertempat di Aula Pertemuan Puskesmas Bambu.

Turut hadir dalam acara ini Kepala Puskesmas Bambu beserta staf, Dosen Pengabmas Jurusan Keperawatan dan Beberapa Kader yang berada di Wilayah Kerja Puskesmas Bambu.

Ketua Tim Pengabmas Supratti, S.ST.,M.Kes mengungkapkan, kegiatan ini merupakan rangkaian kegiatan pengabmas yang melibatkan peran serta Kader, yang sebelumnya telah kami berikan edukasi dan pendampingan dalam memberikan Pelatihan Pijat Bayi dengan istilah Mahir Pijat Bayi (MAPIA).

Ia berharap, Kader Kesehatan yang telah dilatih ini bisa mempraktekkan kepada ibu yang memiliki bayi, bagaimana cara memijat bayi yang aman untuk anaknya.

“Untuk menguatkan peran serta Kader yang telah kami latih ini, dapat secara langsung mengajarkan nantinya kepada ibu yang mereka temui untuk melakukan Pijat Bayi ini,” ujarnya.

Sementara itu, Syamsidar, S.Kep.,Ns.,M.Kes menyampaikan, agar kegiatan ini nantinya bisa berkelanjutan, Olehnya itu kami tadi telah mengukuhkan Kader tersebut sebagai Tim Kelompok Kader Mahir Pijat Bayi (MAPIA), khususnya yang ada di Wilayah Kerja Puskesmas Bambu.

Kemudian untuk menyemarakkan kegiatan Pengukuhan ini, kami juga melakukan event Lomba Keterampilan Pijat Bayi dengan melibatkan peserta dari ibu-ibu, beserta Kader pendampingnya. Dan alhasil beberapa diantara mereka yang ikut lomba berhasil mencontohkan dan mempraktekkan kemahirannya dalam melakukan Pijat Bayi tersebut.

Kepala Puskesmas Bambu Ibu Yuniastri, S.Kep.,Ns mengapresiasi bentuk kegiatan yang dilakukan oleh Dosen Keperawatan Polkesmaju terkait pendampingan bagi kader Posyandu.

“Kegiatan Pijat Bayi ini, tentu kegiatan seperti ini sangat bermanfaat dalam peningkatan pelayanan kesehatan di wilayah kerja kami khususnya peningkatan Kesehatan Ibu dan Anak dan besar harapan kami kedepannya ada peningkatan keterampilan bagi kader-kader Posyandu di wilayah kami dalam melakukan praktik Pijat Bayi ini,”ujarnya . (*)

  • Bagikan