Dispusip Mamuju Perkenalkan Buku Digital di MTSN Mamuju

  • Bagikan
Kadis Perpustakaan Mamuju Muh. Fausan Basir saat mensosilisaikan aplikas Buku Digital di MTSN Mamuju. (Foto: Sudirman/Rakyatsulbar.com)

MAMUJU, RAKYATSULBAR.COM — Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Mamuju terus gencar melakukan sosialisasi literasi di sekolah-sekolah yang ada di kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar). Dimana, kali ini, Dispusip Mamuju melakukan kunjungan literasi di sekolah MTSN Mamuju, Jumat (9/8/24).

Dalam kunjungan tersebut, dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Mamuju, Muh. Fausan Basir yang didampingi para relawan dan penggiat literasi. Kedatangannya pun disambut hangat oleh Kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri Mamuju Ikwati serta para guru dan stafnya bahkan puluhan siswa berbaris di lapangan sekolah.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Mamuju Muh. Fausan Basir mengatakan, kunjungan yang dilakukan ini merupakan langkah awal untuk membangun komunikasi dengan Madrasah Tsanawiyah Negeri Mamuju untuk membangun kolaborasi dan mengajak untuk melakukan MoU terkait dengan layanan perpustakaan di MTSN Mamuju.

“Ini langkah awal kami dari perpustakaan Mamuju bersama dengan tim pegiat literasi untuk membangun kerjasama  guna untuk pelayanan perpustakaan di MTSN Mamuju ini,”jelasnya.

Kata Fausan, selain itu, pihaknya bersama tim pegiat literasi yang ada di Mamuju juga memperkenalkan buku digital yang ada di perpustakaan Mamuju, bahkan pihak dari perpustakaan Mamuju juga membuatkan akun dan password kepada para peserta didik yang ada di MTSN.

“Kami tadi bagi dua tim untuk masuk ke kelas untuk memperkenalkan aplikasi kami yakni buku digital, kami juga membuatkan akun dan password untuk login di aplikasi buku digital perpustakaan Mamuju,”ungkapnya.

Adapun nantinya program layanan yang akan diberikan oleh Dispusip Mamuju kepada MTSN Mamuju diantaranya silang layang, kelas menulis.

“Program yang kami tawarkan ini sangat direspon positif oleh guru di MTSN Mamuju ini, bahkan saat ini guru-gurunya sudah melakukan identifikasi anak-anak yang minat bakatnya penulisan cerpen, dan puisi untuk dibuatkan satu kelas ,”pungkasnya.

Fausan berharap, agar kedepannya ada wisata -wisata edukasi yang dilakukan oleh MTSN Mamuju di Dispusip Mamuju nantinya.

Semenntara itu, Wakil Kepala Kesiswaan MTSN Mamuju Taupik mengucapkan terimakasih dan apresiasi kepada dispusip Mamuju yang telah menyempatkan waktunya untuk berkunjung ke sekolahnya untuk melakukan kegiatan literasi.

“Kami dari Kesiswaan juga memiliki program yang sama yakni Literasi, dengan hadirnya ini semoga kolaborasi dan nantinya akan dijadikan program untuk setiap hari Jumat diadakan program literasi, dan itu pak kadis sudah menyetujui. Insya Allah mudah-mudahan kegiatan literasi di MTSN Mamuju ini bisa juga berjalan secepat nya,”ujar Taupik Wakesiswaan MTSN Mamuju

Ditempat yang sama pula, Kepala Perpustakaan MTSN Mamuju Duriani Abdullah mengucapkan banyak terima kasih atas respon dari Dinas Perpustakaan Mamuju.

“Saya ucapkan banyak terima kasih atas kunjungannya, dan insyaallah kerjasama ini terutama di kelas literasi akan berlanjut terus, dan kami telah memberikan ruang penuh untuk kelas literasi ini,”ujarnya.

Ia pun juga mengucapkan terima kasih atas perkenalannya buku digital kepada murid-murid yang ada di MTSN Mamuju. “Saya lihat tadi siswa-siswi kami sangat antusias ikuti sosialisasi buku digital oleh Dispusip Mamuju,”tukasnya. (*)

  • Bagikan