Kontestasi Tiga Srikandi

  • Bagikan
Tiga Srikandi

MAKASSAR, RAKYATSULBAR.COM — Pemilihan wali kota dan wakil wali kota Makassar menjadi palagan bagi kalangan perempuan. Indira Jusuf Ismail, Aliyah Mustika Ilham, dan Rezky Mulfiati Luthfi kembali akan menjadi pembeda di panggung politik serentak menuju Balai Kota.

Pemilih yang didominasi oleh kaum hawa menjadi pemantik bagi para srikandi ini untuk terjun sebagai ‘pemain’ politik. Ketiganya akan berupaya mengikuti jejak Fatmawati Rusdi yang menjadi pendamping Danny Pomanto yang terpilih pada Pilwali Makassar 2020.

Aliyah Mustika Ilham dan Rezky Mulfiati Luthfi hampi dipastikan akan menjadi bakal calon wakil wali kota mendampingi Munafri Arifuddin dan Andi Seto Gadhista Asapa. Adapun, Indira akan maju dengan mengincar posisi calon wali kota.
Pasangan Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika bisa mengklaim 10 kursi dengan rincian Golkar 6 kursi, Demokrat 3 kursi, dan Perindo 1 kursi.

Sedangkan, Rezky yang akan berpasangan dengan Andi Seto Gadhista Asapa mengantongi 17 kursi dengan sebaran Partai NasDem 8, Partai Gerindra 6, dan Partai Amanat Nasional 3 kursi.

Sedangkan Indira Yusuf Ismail punya modal 11 kursi dari PPP 5, PDIP 5, dan Hanura 1 kursi. Indira belum menentukan pasangan, namun santer beredar tengah melakukan penjajakan dengan anak dari anggota DPR RI, Amir Uskara yakni Ilham Ari Fauzi Amir Uskara.

Menurut Direktur Politik Profetik Institute, Asratillah dengan kehadiran politisi perempuan yang maju di pilkada harus memanfaatkan potensi elektorat yang didominasi kalangan wanita. Itu sebabnya, kata dia, pengelolaan isu-isu yang berkaitan dengan perempuan harus disampaikan secara tepat sasaran.

“Segmen pemilih perempuan itu melampaui jumlah pemilih laki-laki. Makanya ke depan, isu kampanye mereka harus bersinggungan dengan pemberdayaan perempuan, kesehatan ibu, dan perlindungan anak,” kata Asratillah, Rabu (31/7/24).

  • Bagikan