BPS Sulbar Rilis Hasil Perkembangan IHK pada Januari 2024

  • Bagikan
Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat (Sulbar) merilis tentang perkembangan indeks harga konsumen pada bulan Januari 2024, di Kantor BPS Sulbar, Kamis (1/2/24). ( Foto : Sudirman/Rakyatsulbar.com)

MAMUJU, RAKYATSULBAR.COM — Badan Pusat Statistik (BPS) Sulawesi Barat (Sulbar) merilis tentang perkembangan indeks harga konsumen pada bulan Januari 2024, di Kantor BPS Sulbar, Kamis (1/2/24).

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) Tina Wahyufitri mengatakan, Kabupaten Mamuju mengalami Deflasi 0,25 persen untuk inflasi bulanan.

Dengan Komoditas utama yang telah menyumbang deflasi antara lain cabe rawit, beras, dan cabe merah.

Sementara untuk Kabupaten Majene mengalami inflasi sebesar 0,28 persen. Dengan komiditas penyumbang utama inflasinya yakni, beras, bawan merah dan ikan cakalang.

“Karena pada bulan Januari ini sudah dimulai penghitungan untuk level provinsi, dimana di Sulawesi Barat  ada dua kota yang menjadi kota IHK yakni Kota Majene dan Mamuju, sehingga di BPS Sulbar kami menghitung untuk di Sulbar terjadi Inflasi sebesar 0,08 persen,”jelas Tina Wahyufitri.

Tina Wahyufitri  menambahkan, ada tiga jenis angka yakni inflasi bulanan biasanya digunakan untuk memperlihatkan kinerja dari tim pengendali inflasi daerah serta inflasi  year on year intu merupakan inflasi yang dihitung dari indeks harga konsumen (IHK) bulan sebelumnya dan juga inflasi kalender yang menunjukan perjalan inflasi yang kumulatif. (*)

  • Bagikan