Kembangkan Budidaya Nanas, Ady Ansar Tanam 3.500 Bibit di Lahas Seluar Satu Hektar di Selayar

  • Bagikan

MAKASSAR, RAKYATSULBAR.COM- Saat ini Pemerintah Provinsi Sulsel dibawah kepemimpinan PJ Gubernur, Bahtiar Bahruddin sedang mengembangkan budidaya pisang.

Mendukung program Pj Gubernur, Anggota DPRD Sulsel, fraksi NasDem, Ady Ansar mengembangkan kawasan budi daya Nanas di Kabupatem Selayar dengan menyiapkan lahan 1 hektar.

“Saya berharap Nanas menjadi salah satu produk unggulan dari kabupaten tersebut ditahun mendatang,” harapnya, saat ditemui di DPRD Sulsel, Jumat (11/1/2024).

Langkah awal lahan seluar 1 Hektar sudah disiapkan dengan pembersihan dan penyiapan bibit. Ady Ansar tengah mengatakan, tengah mempersiapkan menanam nenas madu di Kabupaten Selayar.

“Langkah itu dilakukan untuk mendukung program prioritas dari Gubernur Sulawesi Selatan Bahtiar Baharuddin. Lahan itu, di desa Pattilereng, Kecamatan Bontosikuyu kurang lebih satu hektare rencana yang mau tanam nenas madu untuk mendukung program prioritas Pak Gubernur,” jelasnya.

Dijelaskan, mengapa memilih nenas? Pasalnya buah nenas itu salah satu komoditi yang selama ini diabaikan, tidak secara serius untuk menanam padahal nenas ini memiliki komoditi yang tinggi.

“Harga tingkat petani itu kalau sudah panen Rp15 ribu sampai Rp20 ribu perbuah,” tuturnya.

Apalagi, nenas tidak lama diberdayakan tapi sudah bisa berbuah dan tidak terlalu banyak air dan pupuk secukupnya.

Pokoknya lata dia, ini programnya Pj Gubernur dalam rangka meningkatkan pendapatan petani dari sisi penanaman tanaman holtikultura.

Yang mau saya tanam ini kurang lebih sekitar 3.500 bibit sementara lahan yang saya buka satu hektare.

“Saya buka menggunakan mesin-mesin modern jadi cepat. Sudah dimulai ini sekarang penyiapan lahan, kita akan menanam nanas madu,” tukasnya. (Yad)

  • Bagikan