Logistik Surat Suara Pemilu 2024 Tiba di Mamuju

  • Bagikan

MAMUJU, RAKYATSULBAR.COM – Logistik surat suara untuk pelaksanaan Pemilu 2024 mendatang tiba di Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat (Sulbar) pada Rabu siang tadi (3/1).

Pengiriman logistik surat suara tersebut menggunakan jasa PT. langgeng Amanah Express dari Makassar-Mamuju dengan menempuh jalur darat selama 19 jam.

Adapun surat suara yang tiba di Mamuju meliputi :

  1. Surat Suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden : 193.318 Lembar
  2. Surat Suara Pemilihan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) : 193.318 Lembar
  3. Surat Suara Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tingkat Provinsi Sulawesi Barat Dapil 5 : 193.318 Lembar
  4. Surat Suara Pemilihan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Tingkat Kabupaten Mamuju, yang terdiri dari :
  • Daerah Pemilihan 1 : 44362
  • Daerah Pemilihan 2 : 49176
  • Daerah Pemilihan 3 : 46961
  • Daerah Pemilihan 4 : 56819

“Surat suara yang tiba ini sudah termasuk tambahan untuk persiapan PSU (pemungutan suara ulang) dan surat suara tambahan 2 persen. Sisa surat suara untuk pemilihan DPD RI yang belum tiba. Kemungkinan tiba di Makassar pada hari ini, sesuai jadwal pembongkaran semestinya dilakukan hari ini, namun informasi belum ada dilakukan pembongkaran hingga tadi ini, kami masih menunggu informasi selanjutnya,” jelas Ketua KPU Mamuju, Indo Upe.

Diketahui logistik surat suara yang tiba tersebut selanjutnya disimpan di Aula Sekretariat kantor KPU Mamuju terpisah dengan logistik pemilu yang lain yang tiba sebelumnya dan ditempatkan di gudang logistik KPU Mamuju.

Indo Upe mengungkapkan hal tersebut dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

“Sengaja kami simpan di kantor KPU Mamuju sebab surat suara ini lebih sensitif, sehingga tentu pengamanan harus lebih ekstra dibanding logistik pemilu lainnya seperti kotak suara, tinta, maupun alat coblos dan lainnya,” pungkasnya.

Selanjutnya, KPU Mamuju akan melakukan penyortiran surat suara dan proses pelipatan surat suara untuk kemudian didistribusikan ke setiap kecamatan.

“Distribusi surat suara akan dilakukan pada awal februari nanti sehingga kami akan cepat melakukan proses pelipatan surat suara,” tambahnya. (*)

  • Bagikan