Desember 2023, Mamuju Alami Inflasi 1,82 Persen

  • Bagikan
Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) rilis hasil perkembangan indeks harga konsumen kota Mamuju pada Desember 2023, di kantor BPS Sulbar, Selasa (2/1). (Foto: Sudirman/Rakyatsulbar.com)

MAMUJU, RAKYATSULBAR.COM — Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) rilis hasil perkembangan indeks harga konsumen kota Mamuju pada Desember 2023, di kantor BPS Sulbar, Selasa (2/1).

Berdasarkan hasil Survei Harga Konsumen 90 kota di Indonesia pada bulan Desember 2023, inflasi year on year (yoy) tertinggi terjadi di Sumenep sebesar 5,08 persen dengan IHK sebesar 120,82 dan terendah terjadi di Bandung dengan inflasi yoy sebesar 0,63 persen dengan IHK sebesar 116,16.

Kapal BPS Sulbar Tina Wahyufitri menyampaikan
pada bulan Desember 2023, Mamuju mengalami inflasi tahunan sebesar 1,82 persen. Capaian ini merupakan inflasi terendah di Pulau Sulawesi.

“Pada Bulan Desember 2023, Mamuju telah mengalami Inflasi 1,82 persen. Dan ini merupakan capaian Inflasi terendah di Pulau Sulawesi,”pungkasnya.

Tina menambahkan, untuk bulanan, Mamuju mengalami inflasi sebesar 0,14 persen, dimana inflasi ini di dorong dengan peningkatan harga pada komunitas utama, yakni Cabai rawit, cabe merah dan juga bawang merah.

Peningkatan harga tersebut dapat direndam dengan penurunan harga ikan yakni ikan Bandeng , Cakalang dan ikan layang.

“Penurunan harga ini dikarenakan memadainya harga ikan di pasar, selain itu, pemerintah juga melakukan intervensi dengan mengadakan pasar murah,”pungkasnya. (*)

  • Bagikan