Panitia Sayembara Logo HUT Sulbar ke 19 Diduga Curang

  • Bagikan
Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Bob Jafar saat menerima laporan dari salah satu peserta sayembara logo HUT Sulbar ke 19 (Foto:Sudirman/Rakyatsulbar.com)

MAMUJU, RAKYATSULBAR.COM ¬†— Panitia pelaksana sayembara Logo Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) yang ke 19 tahun di dunga curang dalam proses penilaian Like post terbanyak.

Kecurangan tersebut dialami oleh salah satu peserta sayembara Logo HUT Sulbar ke 19, sebut saja namanya Muh. Fachrizal.

Muh Fachrizal saat ditemui Rakyatsulbar.com menceritakan kronologis kejanggalan yang dialaminya saat ikut sayembara logo HUT Sulbar ke 19 tahun.

Fachrizal  pun menjelaskan pada saat proses pengumpulan “Like Post” berlangsung, jumlah like post yang diperoleh karyanya unggul di akun Instagram  pemprov Sulbar dengan berjumlah 18.724 like (suka) hingga akhir penutupan batas like (suka) dan hal itu masih terlihat oleh publik.

“Selama tiga hari karya kami ditampilkan di akun Instagram Pemprov Sulbar, dan sampai penutupan saya unggul di akun Pemprov sebanyak 18.731 like (suka). Tapi setelah jeda, yaitu dari jam 12 hingga jam 5, keluarlah pengumuman, dan saya juara 2. Sedang juara 1 jumlah like-nya berjumlah 29.282,” ungkap Fachrizal kepada Rakyatsulbar.com, Jumat (1/9).

Diketahui, jumlah like post (suka) yang diperoleh juara pertama dirasa janggal oleh Fachrizal sebab, sebelum batas waktu penilaian berakhir, ia sempat melakukan screenshot (rekam layar) postingan yang menampilkan karya juara pertama.

“Dari hasil screenshot (rekam layar) saya sebelum batas waktu berakhir, jumlah like (Suka) dari yang juara 1 itu berjumlah 5.705. Tapi setelah pengumuman pemenang keluar malah naik menjadi 29.282 like,” jelasnya.

Dengan hasil yang diperoleh Muh.Fachtizal mendapatkan intimidasi oleh panitia pelaksana sayembara logo hut Sulbar untuk tidak terlalu menyebarluaskan informasi karyanya untuk mendapatkan like di postingan akun Instagram Pemprov Sulbar melalui pesan singkat WhatsApp karena menurut panitia jumlah like post nya sudah unggul pada Kamis (31/8) malam  sekitar pukul 21.00 WITA.

“Tabe kak, ku peringatkan ki ini jangan terlalu kita push nanti pimpinan pantau, bisa keluarkan keputusan sepihak. Kan ini jauh sekali maki, tahan-tahan  mi dulu kak, ketinggalan 2 lap mi peserta lain,” demikian bunyi pesan WhatsApp tersebut.

Atas kejadian tersebut, Muh. Fachrizal pun kini melaporkan Panitia Sayembara Logo HUT 19 Sulbar ke Ombudsman Perwakilan Sulbar dan langsung diterima oleh Kepala Keasistenan Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman Sulbar Bob Jafar.

Diketahui sebelumnya penyelenggaraan sayembara Logo HUT 19 Sulawesi Barat  (Sulbar) yang berlangsung hingga 15 Agustus 2023.

Berdasarkan informasi dari laman sosial media Instagram Pemprov Sulbar, peserta sayembara logo HUT 19 Sulbar berjumlah 60 peserta. 9 logo terbaik pun akan ditampilkan di akun Instagram Pemprov Sulbar untuk menggait animo publik akan desain mana yang terbaik. Dan penentuan juara pun dipilih berdasarkan jumlah “Like post” terbanyak di akun tersebut. (Sdr)

  • Bagikan