Mimpi Maslim, Desa Orobatu Sebagai Desa Wisata

  • Bagikan

MAMUJU,RAKYATSULBAR.COM – Dikukuhkan sebagai desa terbaik se-Kabupaten Mamuju pada tahun 2023 tak lantas membuat Kepala Desa Orobatu, Kecamatan Tapalang, Kabupaten Mamuju, Maslim berpuas diri. Pria kelahiran 28 Agustus 1985 itu masih memiliki seabreak mimpi mewujudkan desanya menjadi desa terbaik dari segi wisata.

“Ke depan kami akan jadikan Desa Orobatu sebagai desa wisata,” ungkap Maslim kepada Rakyatsulbar.com melalui sambungan telepon Rabu lalu, 27 Juli 2023.

Menurut Maslim dibawa kepemimpinannya akan lebih fokus pada pengembangan UMKM dan wisata yang dikelola masyarakat. Ia menganggap pengolahan fisik hanya akan berdampak disisi pembangunan saja, namun mengenyampingkan pengembangan usaha ekonomi masyarakat.

“Kami lebih kesitu (pengembangan ekonomi) karena itu lebih mengena langsung kemasyarakat,” katanya.

Kepiawaian Maslim mengangkat Desa Orobatu bisa dikatakan cukup moncer. Satu setengah tahun memimpin bisa membawa Desa Orobatu dari desa tertinggal menjadi desa maju. Satu persatu penghargaan dari pemerintah sudah mampir kepadanya.

Pada tahun 2023 pemerintah menganugerahkan dua penghargaan sekaligus sebagai desa dengan pengelolaan dana desa terbaik dari Direktorat Jenderal Perbendaharaan Provinsi Sulawesi Barat. “Alhamdulillah bagi saya itu luar biasa. Tidak mudah untuk bisa melakukan itu,” kata Maslim.

Langkah ini dinilai tepat dikala masyarakat kesulitan mengembangkan ekonomi. Sektor wisata yang sedang digenjot Maslim bersama Badan Usaha Milik Desa (BUMDES) dengan mendatangkan pasar malam yang dinilai dapat menumbuhkan UMKM dan menambah penghasilan bagi masyarakat.

Bahkan dalam waktu dekat pembangunan kolam renang berukuran 20×15 yang letaknya berada ditengah lokasi pasar malam pinggir pantai itu akan segera dibangun.

Desa Orobatu sendiri mendapat kucuran dana tambahan dari pusat senilai 260 juta. Jumlah itu kini bertambah dari dana desa 800 juta menjadi 1 milyar lebih setelah diakumulasi dana tambahan 260 juta. Maslimpun mengungkapkan harapannya mendapat dukungan dari berbagai pihak untuk mewujudkan desa Orobatu tetap mampu menjadi desa unggul dan maju.

“Kami akan terus berbenah memaksimalkan anggaran yang ada dan dukungan dari masyarakat itu yang utama,” pungkas Maslim.

(Ayub Kalapadang/A)

  • Bagikan