Gencarkan Kampanye Literasi di Ruang Digital, Dispusip dan Mcinema.id Buat Diksi Podcast

  • Bagikan

MAMUJU, RAKYATSULBAR.COM — Platform media sosial menjadi ruang yang saat ini paling diakses oleh generasi muda di indonesia.

Menurut data We Are Social, di tahun 2022 Indonesia menjadi negara peringkat sepuluh dengan akses media sosial paling lama. rata-rata penduduk indonesia mengakses sosial media selama 196 menit atau 3 jam 16 menit perhari.

Salah satu konten di media sosial yang paling sering dicari ialah video podcast maupun penggalan video dari podcast yang berisi motivasi maupun hal-hal yang bersifat informatif. Olehnya Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Mamuju bekerjasama dengan Mcinema.id membuat Podcast bertajuk “Diksi, Diskusi dan Narasi”.

“Diharapkan dengan podcast ini dapat menarik rasa antusias masyarakat mamuju, khususnya generasi milenial untuk gemar membaca buku,” ungkap Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Mamuju, Fausan Basir, Senin (10/7).

“Podcast dalam bentuk video yang akan diupload melalui youtube ini menjadi sebuah alternatif kita untuk melakukan kampanye-kampanye literasi, sebab kecenderungan masyarakat, khususnya generasi muda kita saat ini, lebih tertarik dengan hal-hal yang disosialisasikan secara audio visual. Olehnya diharap ini mampu memberi stimulan untuk perkembangan literasi dan minat baca Mamuju ke depan,” tukasnya.

Sementara itu, Direktur MCinema.id, Riadi mengungkapkan apresiasinya kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Mamuju yang telah memilih MCinema.id sebagai mitra kerja dalam giat kampanye literasi melalui sosial media.

Ia berharap, dengan kerjasama tersebut mampu memberikan edukasi dan motivasi bagi masyarakat mamuju untuk lebih antusias dalam literasi.

“Harapan kami, dengan hadirnya Podcast ini mampu memberi spirit dan motivasi kepada siapapun yang melihat agar budaya baca dan menulis di Mamuju dapat meningkat. Selain itu dari sisi edukasi mampu menjadi alternatif sumber informasi terkait dunia literasi baik lokal maupun nasional,” pungkas Riadi. (*)

  • Bagikan