Trobosan Sejarah Popasanggayu Terungkap- Menuju Obyek Wisata Kebudayaan dan Pariwisata

  • Bagikan
Pantai Pasangkayu
Pantai Pasangkayu

PASANGKAYU, RAKYAT SULBAR.COM – Seputar sejarah penamaan Pasangkayu yang di kenal nama Vova Sanggayu. Kenapa Pasangkayu menjadi nama bagi daerah ini bukanlah tanpa sebab. Ucapan, kata Pasangkayu itu sendiri di percaya berasal dari bahasa etnis Kaili disebut “Vova Sanggayu.”

 

Dimana vova artinya pohon dan sanggayu artinya sebuah kayu yang jika digabungkan akan berarti sebuah pohon kayu. Dulunya para pelaut disini bahkan ada dari tanah bugis pohon tersebut menjadi tandah, pedoman tempat berlabuh perahu mereka.

 

Pohon tersebut dinamai pohon Pareppa sipong. Dengan adanya pohon yang dimaksud adalah pohon yang terletak bagian pesisir pantai tanjung Babia Kelurahan Pasangkayu Kecamatan Pasangkayu Kabupaten Pasangkayu Provinsi Sulwesi Barat, yang masih terus hidup sampai sekarang ini, dan pohon tersebut berumur ratusan tahun itu bukan 1 (satu) pohong, tapi dua pohon sampai saat ini masih terlihat ada dua pohon berdiri.

 

Dulunya pohong itu adalah penanda, pedoman untuk tempat persinggahan para nelayan yang tengah mencari ikan. Mereka masih diluar sudah dapat melihat pohon tersebut. Untuk dilihat dari segi penamaan, dipercaya bahwa orang- orang dari suku Kaililah yang pertama mendiami wilayah Pasangkayu ini dan menamai Vova Sanggayu jelas

 

Kadisbudpar Kabupaten Pasangkayu HM Yunus Alsam S.Pd,M.S. Dalam sebutan nama Vova Sanggayu menjadi perbimcangan kalau sebutan yang benar adalah POPA SANGGAYU, sehingga HM Yunus sampaikan itu bisa saja, dulunya meman ada 1 (satu) pohon terlihat tinggi sekitar 30 (tiga puluj) meter bahkan sampai sekitar 50 (lima puluh) meter tingginya, setinggi pohon kelapa tinggi, yang tinngi itu sudah ditebang orang untuk dijadikan perahu, yang ada sekaran ini itu tinggal anaknya.

 

Sebutan nama Vova Sanggayu, dengan adanya sejarah promosi Vova Sanggayu tentu bisa menjadi daya tarik untuk diketahui,sehingga kedepan menjadi daya tarik perhatian untuk dikunjung jelas HM Yunus. Ditempat terpisa sebutan Vova Sanggayu, menurut masyarakat pantai Pasangkayu Burhan R katakan kalau sebutan nama yang benar adalah sebutan POPA SANGGAYU, dinama POPA artinya POHON dan SANGGAYU artinya sebuah SEBUAH KAYU.

 

Olehnya itu, sebutan yang benarnya adalah POPA SANGGAYU ungkap Burhan. Olehnya itu, melaui grup Bincang2 Potensi Budpar, sehingga Kadisbudpar Kabupaten Pasangkayu HM Yunus Alsam S.Pd,M.Si. melalui tulisan Whatsappnya sampaikan Ass.Maksud Dinas Kebudayaan Dan Pariwisata Kabupaten Pasangkayu Kerjasama PT.ASRA AGRO LESTARI Ltd. Jakarta, adalah; Menggali dan mempromosikan Potensi Kekayaan Obyek-Obyek Wisata , baik Wisata Alam, budaya dll, bukan hanya memperbincangkan satu kata, termasuk Arti Vova Sanggayu, memkipun boleh-boleh saja menulis berdasarkan pandangannya atau cerita yg didapatkannya,karena itu akan didiskusikan lebih jauh dan mendalam dengan para ahli bahasa dari penutur atau budayawan dari Tanah untuk menjadi sebuah kajian Ilmiah.

 

Terimah kasih buat kawan-kawan atas kesungguhan dan keseriusannya dalam menulis. Saya sangat mengapresiasi, semoga menghasilkan tulisan yang bermutu.Hormat Saya.( M.Y.Alsam) Penulis Naska.

 

(Arifadilsabil).

  • Bagikan