Basarnas Gelar Siaga SAR Khusus Nataru 2021/2022

  • Bagikan

MAMUJU,RAKYATSULBAR.COM-Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) melaksanakan Siaga SAR Khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, dimulai sejak Jumat 17 Desember 2021 hingga Selasa 4 Januari 2022.

 

Diketahui bahwa selama kurang lebih 19 hari, seluruh personil Basarnas se Indonesia akan melaksanakan siaga SAR Khusus di lokasi objek wisata, bandara, maupun pelabuhan. Dimana diperkirakan arus puncak akan terjadi pada 23 Desember 2021 dan 3 Januari 2022.

 

Hal itu,Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju, yang merupakan unit pelaksana teknis Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BASARNAS) di daerah, Jumat (17/12)

 

Kegiatan Apel tersebut bertujuan untuk memastikan kesiapan Personil, sarana, prasarana serta peralatan SAR yang digunakan dalam pelaksanaan Siaga SAR Khusus NATARU 2021/2022.

 

Apel gelar pasukan dan peralatan dilaksanakan di halaman kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju, Jl. Poros Trans Sulawesi Barat, Lingkar Dua Bandara Tampa Padang Mamuju.

 

Bertindak sebagai Pembina Apel adalah Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju, Muhammad Arif Anwar, S.Sos.,M.M dengan dihadiri seluruh personil Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju.

 

Dalam sambutan Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan Marsekal Madya TNI Hendri Alfiandi yang dibacakan oleh Pembina Apel menegaskan dalam masa pandemi corone virus disease 2019 (covid-19), BASARNAS melaksanakan siaga SAR khusus natal 2021 dan tahun baru 2022 dengan tujuan terwujudnya pelayanan SAR yang cepat, tepat, aman dan handal (Quick Response SAR).

 

“Pada kegiatan Siaga SAR khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022, kita akan tetap fokus pada penanganan kecelakaan sesuai dengan apa yang menjadi tupoksi dari BASARNAS.”Terangnya

 

Lanjut “Namun kita juga jangan lengah, tupoksi BASARNAS tidak hanya terbatas pada Siaga SAR Khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 tapi juga masih banyak potensi terjadi kecelakaan dan bencana yang memerlukan perhatian. pada momen Siaga SAR Khusus Natal 2021 dan Tahun Baru.” Tambahnya

 

Pada kesempatan yang sama, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju mengungkapkan,pelaksanaan Siaga SAR Khusus Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ini, Kantor Pencarian dan Pertolongan Mamuju menyiagakan 36 orang personil yang berada di Mamuju, Polewali Mandar dan Pasangkayu.

 

“Kami menyiagakan Sarana, Prasarana dan peralatan SAR yang ada, diantaranya Kapal 40 meter, Rigit Iflatable Boat, Rescue Car, Truck Personila Rubber Boat dan peralatan SAR pendukung lainnya. “Terangnya

 

Dengan kemampuan dan keterbatasan yang ada, kami akan terus berusaha bekerja secara maksimal dalam memberikan layanan jasa SAR bagi masyarakat, agar dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat di setiap waktu dan tempat.

 

“Kami juga menghimbau kepada mayarakat yang akan melaksanakan perjalanan dan aktifitas lainnya, untuk selalu meningkatkan kesiapsiagaan diri terhadap kemungkinan-kemungkinan yang ada, mengingat beberapa waktu ini kondisi cuaca di wilayah Sulawesi Barat cenderung tidak menentu. Karena keselamatan bukanlah sesuatu hal yang kebetulan,” tutupnya. (hms/Sdr)

 

  • Bagikan