Pasca Gempa 7,5,Satuan Brimob Polda Sulsel Gelar Apel Kesiapsiagaan SAR

  • Bagikan

MAKASSAR,RAKYATSULBAR.COM – Gempa berkekuatan magnitudo 7,5 yang mengguncang Nusa Tenggara Timur (NTT) dan sekitarnya, rupanya terasa hingga Makassar, Sulsel.

 

Alhasil, sejumlah warga Makassar sampai mengalami kepanikan berhamburan keluar mencari tempat aman saat gempa berlangsung.

 

Menindaklanjuti hal tersebut, Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan bergerak cepat dengan menggelar apel kesiapsiagaan Search dan Rescue (SAR) dan peralatan dalam rangka antisipasi penanggulangan bencana alam diwilayah hukum Polda Sulsel, Selasa (14/12).

 

Apel dipusatkan di Lapangan Apel Mako Batalyon A Pelopor Satbrimob Polda Sulsel dipimpin langsung Komandan Satuan Brimob Polda Sulawesi Selatan Kombes. Pol. Muhammad Anis, PS., S.I.K., M.Si. di dampingi Pejabat Utama Satbrimob Polda Sulsel, Detasemen Gegana dan Batalyon A Pelopor.

 

Apel pasukan dan peralatan yang melibatkan seluruh personil Brimob Polda Sulsel, Apel ini menindaklanjuti petunjuk dan arahan Dankor Brimob Polri melalui Kabag Ops Korps Brimob Polri agar seluruh jajaran jajaran Satbrimob melaksanakan apel siaga dengan perlengkapan personel dan Peralatan SAR.

 

Dalam arahannya Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis P.S,. S.I.K., M.Si. menjelaskan, apel tersebut dalam rangka mengantisipasi pasca terjadinya bencana alam gempa bumi yang baru saja terjadi di perairan Selat Flores dan berdampampak dibeberapa wilayah di bagian Timur Indonesia.

 

“Baru saja kita mengalami dampak dari Gempa Bumi yang terjadi di Selat Flores NTT dan berdampak di beberapa wilayah, menurut laporan di Kepulauan Selayar ada beberapa rumah yang roboh dan jalan yang retak, sehingga saat ini kita laksanakan Apel Siaga SAR dalam rangka mengantisipasi terjadinya bencana alam yang terjadi hari ini.” Ungkapnya.

 

Muhammad Anis menegaskan kepada seluruh personel Satbrimob Polda Sulsel untuk melaksanakan Siaga dan siap untuk digerakkan Kapanpun dan dimanapun khususnya diwilayah Polda Sulawesi Selatan.

 

“Saya perintahkan kepada seluruh personel Satbrimob Polda Sulsel untuk melaksanakan siaga dan kita selalu dalam kondisi siap berangkat untuk menangani ataupun mengansipasi bencana yang terjadi khususnya diwilayah Polda Sulsel.” Tegas Anis.

 

“Tidak tertutup kemungkinan kita juga akan diberangkatkan untuk membackup Polda tetangga yang terdampak apabila di daerah kita aman.” Tambah Muhammad Anis.

 

Sebelum menutup arahan apelnya Perwira berpangkat tiga melati itu mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel dengan sigap dapat melaksanakan apel siaga ini.

 

setelah memberikan arahan kepada seluruh personel yang melaksanakan apel siaga, Dansat Brimob Polda Sulsel Kombes Pol. Muhammad Anis yang didampingi Kabag Ops Satbrimob Polda Sulsel Kompol Mursalim, S.E, Kasubbagrenmin Satbrimob Polda Sulsel AKP Asis Bani,S.Sos, Kasi Yanma Satbrimob Polda Sulsel AKP Mihajuddin, Wadanyon A Pelopor AKP Darwis Daud Poku, S.H dan beberapa PJU Satbrimob Polda Sulsel melaksanakan pengecekan Personel, peralatan, perlengkapan serta kendaraan SAR yang digelar pada kegiatan tersebut.(*)

  • Bagikan