SDK Dan Sutinah Kompak Dorong Ibu Nelayan Mamuju Kreatif

  • Bagikan

MAMUJU,RAKYATSULBAR.COM— Anggota Komisi IV DPR RI Dr. Suhardi Duka, MM bekerjasama dengan Kementerian Kelautan Dan Perikanan Kabupaten Mamuju menyelenggarakan Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Hasil Perikanan untuk kaum ibu pelaku usaha yang didominasi para istri nelayan. Acara ini dilangsungkan di Warkop Daeng Arif Mamuju, Selasa, (19/10)

Dibuka langsung oleh Dr. Suhardi Duka, MM, pelatihan ini diikuti oleh sekitar 100 orang peserta. Dalam arahannya, SDK menitipkan pesan agar kaum ibu nelayan bisa lebih kreatif dalam meningkatkan taraf hidup keluarga.

“Di Mandar ada istilah sibali parriq. Bahu membahu demi kesejahteraan keluarga. Ini ibu-ibu diberi pelatihan untuk bisa memanfaatkan teknologi dalam pengolah ikan. Kalau tanpa bantuan teknologi, ikan disimpan setengah hari matanya sudah memerah dan tidak layak konsumsi. Dengan teknologi, ikan bisa aman disimpan hingga 3 bulan,” tukasnya.

Senada dengan sang ayah, Bupati Mamuju Hj. Sitti Sutinah Suhardi, juga menyemangati peserta untuk mengikuti pelatihan dengan baik.

“Kalau ikan dijual begitu saja, nilai ekonominya mungkin tidak seberapa. Tapi kalau diolah, nilai jualnya bisa meningkat. Nanti ibu-ibu akan diberi pelatihan mengolah ikan menjadi bakso, kroket dan nugget ikan. Semoga ibu-ibu bisa mengikuti materi dengan seksama.” (hms/sdr).

  • Bagikan