MAKASSAR,RAKYATSULBAR.COM–Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Prof Dr Muhammad Jufri, MSi, MPsi, Psikolog menegaskan,pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) jenjang SMA, SMK dan SLB berjalan sukses, lancar dan aman.

Hal ini ditegaskan ketika menggelar konfrensi press dengan sejumlah wartawan, baik media cetak, media online, media elektronik di Ruang Rapat Prof Ahmad Amiruddin Disdik Sulsel, Jl Perinitis Kemerdekaan Km 10 Tamalanrea Makassar,Jumat (9/7 202) kemarin

Hadir mendampingi Kadisdik Sulsel, sekaligus memandu konfrensi Press, Sekretaris Disdik Sulsel, H Hery Sumiharto, SE. M.Ed dan Kepala Bidang Pembinaan SMA sekaligus sebagai Ketua PPDB Disdik Sulsel, Dr Idrus, SPd.MPd.

Menurut Prof Jufri, pelaksanaan PPDB berlangsung relatif lancar dan aman.

“Semua tahapan kita lalu dengan baik dan lancar,” ujarnya.

Dimulai dengan tahapan Boarding School, jalur zonasi, jalur afirmasi, jalur perpindahan orang tua siswa, dan jalur prestasi akademik dan non akademi semuanya berjalan lancar.

Soal adanya beberapa hambatan yang ditemui, menurut Prof Jufri hal itu lumrah, sebab sebagai manusia biasa dan keterbatasan sistem aplikasi yang digunakan pastilah ada cela.

Tapi kami terus berupaya melakukan penyempurnaan. Seperti kejadian hari pertama jalur zonasi, aplikasi mengalami masalah sehingga dilakukan perbaikan selama beberapa jam.

Waktu yang terbuang selama 2 jam hingga 5 jam, kita ganti, kita tambah dengan memperpanjang waktu pendaftaran.

“Pada prinsifnya, kami tidak ingin merugikan calon peserta didik baru sehingga kami menambah waktu pendaftaran, tapi tidak mengganggu jalurnya lainnya,” ungkap Prof Jufri.

Sebetulnya, kata Prof Jufri, permasalahan PPDB, khususnya jalur zonasi hanya sebagian kecil, dan hanya terjadi di Makassar, dan bila diperhatikan secara saksama hanya terjadi pada beberapa sekolah saja.

Karena peminat atau pendaftar di Kota Makassar (khususnya beberapa sekolah) lebih banyak peminat daripada daya tampung.

Permasalahan yang terjadi dapat diselesaikan dengan baik di tingkat sekolah, Cabang Dinas Pendidikan dan tim helpdesk Disdik Prov Sulsel.

Mengantisipasi banyaknya aduan, Prof Jufri mengambil langkah kebijakan menambah waktu dua hari untuk pengaduan.

“Kita tidak ingin ada yang dirugikan dalam pelaksanaan PPDB ini, jadi kita buka dua hari khusus pengaduan,” tambah Prof Jufri.

Jadi secara umum, kata Prof Jufri, pelaksanaan PPDB di 24 kabupaten dan kota di Sulsel berlangsung lancar, aman dan terkendali. Karena itu saya ucapkan banyak terima kasih dan penghargaan kepada semua pihak atas kesuksesan ini.

Terutama kepada instansi terkait, khususnya, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil, Dinas Sosial, PT Telkom, Dewan Pendidikan, TGUPP, LSM dan segenap insan pers.

Dan secara khusus, Prof Jufri mengucapkan terima kasih kepada Bapak Plt Gubernur Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman yang senantiasa memantau kerja panitia dan memberikan arahan petunjuk sehingga PPDB ini berlangsung sukses, lancar dan aman. (*)